Pue Lasadindi: Seorang Bangsawan dan Ulama Kaili

Authors

  • Khardawatih Guru SMP Neg.19 Palu

Keywords:

Bangsawan, Ulama, Agama Islam

Abstract

Persoalan artikel ini adalah bagaimana riwayat hidup Pue Lasadinsi sebagai seorang bangsawan Kaili?, Bagaimana Pue Lasadindi sebagai seorang ulama Lokal Kaili Sulawesi Tengah? Berdasarkan persoalan ini, artikel hasil penelitian ini bertujuan mendeskripsikan latar belakang keluarga sebagai riwayat hidup seorang Bangsawan Kaili dan Menganalisis keulamaan Pue Lasadindi di Sulawesi Tengah. Ada dua teori yang digunakan dalam artikel ini yakni: Teori kekerabatan dan teori ulama Islam untuk dijadikan sebagai alat analisis dalam artikel hasil penelitian ini. Metodologi penelitian dalam artikel ini menggunakan studi kasus (case study) Robert K. Yin yang menyatakan bahwa penelitian yang mengacu pada adanya unsur how (bagaimana) dan why (mengapa). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Pue Lasadinsi adalah seorang berdarah bangsawan Kaili asli yang berasal dari ayahnya Rampatan dari daerah Enu dan Ibundanya bernama Daelino seorang bangsawan dari Labuan. Selanjutnya, ditemukan juga bahwa Pue Lasadindi memiliki status sebagai seorang ulama yang turun dari kakeknya yang bernama I Pue Nteke sebagai penganjur Agama Islam di Enu dan Sindue. Demikian juga Pue Lasadindi aktif sebagai penganjur Agama Islam di daerah Tajio, Lauje, Wilayah Daa dan beberapa daerah pedalaman dalam wilayah Sulawesi Tengah. Tokoh Pue Lasadindi akan menjadi sumber inspirasi karena memiliki nilai-nilai karakter sebagai panutan dan kejuangan.       

References

Haliadi, “Yodo Rajalangidan Perkembangan Bahasa Melayu di Tavaeli Palu,” Jurnal Kamboti LLDIKTI Ambon, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2020.

Haliadi, “Karakteristik Ulama Penyiar Agama Islam di Palu,” PUSAKA Jurnal Khasanah Keagamaan, Vol. 10, No. 1, 2021, hal. 132-144.

Haliadi dan Syamsuri, Sejarah Agama Islam di Lembah Palu, Yogyakarta: Q-Media, 2016.

Haliadi-Sadi dan Ismail Syawal, Sejarah Perjuangan Pue Lasadindi di Tanah Kaili (pengantar Prof. Dr. Susanto Zuhdi), Palu: Hoga, 2017.

Isa Anshori, Larangan Incest dalam Sistem Pernikahan dan Kekerabatan, Serta Relevansinya dengan Pendidikan Islam,” Halaqa: Islamic Education Journal, published: 01 Juni 2019, hal. 3

Levi-Strauss, C., Structural Anthropology, New York: Penguin Books, 1972.

Quraish Shihab, Membumikan Al Qur'an Bandung: Mizan, 1992.?

Subhi al-Salih, Mahabith fi Ulum Al Qur'an, Beirut: Dar al Ulum li al Malayin, 1977.

Silsillah Pue Lasadindi, Enu, 2017.

Yin, R. K., Case Study Research Design and Methods, (4th ed. Vo), Sage Publication, 2009.

Wawancara Pua Ratu Hindia di Enu, tanggal 20 Oktober 2017.

Wawancara Hendra di Enu tanggal 20 Oktober 2017.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Khardawatih. (2022). Pue Lasadindi: Seorang Bangsawan dan Ulama Kaili. Al-Manhaj Tarbiyah: Jurnal Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–34. Retrieved from http://journal-almanhaj.org/index.php/almanhaj_tarbiyah/article/view/5

Issue

Section

Articles